Rabu, 03 Maret 2010

Karakteristik perusahaan jasa, dagang, dan Manufaktur

3 jenis Usaha adalah
a) Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatannya menjual jasa dalam bidang berbagai pelayanan yang memberikan kemudahan,kenyamanan bagi masyarakat yang memerlukannya.
Karakteristik perusahaan jasa :
  • Ketidakberwujudan( intangibility) : jasa biasanya tidak dapat didentifikasi secara fisik sehingga tidak dapat disimpan dan harus segera dikonsumsi pada saat diperoleh
  • Ketakterpisahkan(inseparability) : keterlibatan konsumen tidak dapat dipisahkan dari jasa yang harus diberikan dan dalam hal tertentu konsumen lain juga terlibat dalam menikmati jasa ,misal bioskop
  • Keanekaragaman( heterogenity) : jenis dan kualitas layanan berbeda –beda untuk tiap konsumen sehingga sulit distandarisasikan kegiatan layanannya ,misal jasa rumah sakit
  • Keterlenyapan( perishability) : manfaat mereka pada jasa akan habis /lenyap dengan cepat sehingga konsumsi jasa akan dilakukan konsumen secara berulang. Misal jasa cuci mobil.

Jenis jasa Bidang usaha
komunikasi :Perusahaan telepon, station TV,radio
profesi : Akuntan,klinik bersalin
hiburan : Bioskop, taman hiburan, kebun binatang
Tempat tinggal :Hotel,asrama, guest house
Keahlian perorangan :Salon kecantikan, penjahit, studio foto
pertanggungan : asuransi

b) Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang jadi dan menjual kembali tanpa melakukan pengolahan kembali tanpa mengolah sifat produk tersebut. Seandainya melakukan pengolahan hanya pengemasan kembali, pemberian label,pembungkusan.
Contohnya : dealer, toko-toko kelontong, shopping mall, toko swalayan
Karakteristik adalah
  • Melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dagang baik secara tunai maupun kredit
  • Melakukan penyimpanan barang dagang setelah pembelian dan sebelum barang dagang laku terjual
  • Melakukan transaksi retur pembelian/retur penjualan bila diperlukan
  • Melakukan transaksi pelunasan/pembayaran utang dan penerimaan piutang dagang yang telah terjadi
Kegiatannya berupa :
Pembelian :Membeli berbagai macam produk di berbagai pamasokan
pemasaran :Mempromosi produk tersebut ke pembeli /konsumen yang potensial
penganekaragaman Menyediakan berbagai macam produk untuk memenuhi kebutuhan dan selera konsumen
pendanaan :Menyediakan fasilitas kredit untuk konsumen potenstial agar dapat mendorong terjadinya transaksi
Penyimpanan: Menyediakan dan melindungi produk untuk melayani kebutuhan konsumen secara lebih baik dan potensial
penyortiran : Membeli barang atau produk secara borongan kemudian memilih dan memecah menjadi unit
Penyeleksian: kualitas Membeli barang /produk secara borongan kemudian menyeleksi kualitas dan membungkus serta memberi label sesuai kualitas
pengangkutan: Memindahkan barang secara fisik dari prousen ke konsumen akhir
Penyediaan : informasi pasar Menyampaikan informasi pasar yang diperlukan oleh pembuat produk seperti volume penjualan harapan
Penaggungan resiko Menyerap usaha khususnya yang berkaitan dengan penyimpanan dan keuangan produk


c) Perusahaan manufaktur(pabrik) adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku kemudian menjual barang jadi tersebut.
Contoh pabrik sepatu,pabrik roti
Karakteristiknya :
  • Dalam kegiatan manufaktur terdiri dari produksi, pemasaran da administratif/umum.
  • Adanya bagian yang disebut dengan pabrik yang merupakan fungsi/kegiatan tambahan yang terdapat dalam perusahaan manufaktur
Dari ketiga jenis perusahaan tersebut yang bergerak di ketiga bidang tersebut adalah perusahaan honda atau toyota mobil




Daftar pustaka :
Soemarsono.Akuntansi suatu pengantar.jakarta : salemba.2004
Suwardjono. Pengantar akuntansi.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.2007

2 komentar:

  1. makasihh ya .. ini sangat membantu

    BalasHapus
  2. jadi seperti itu ya. makasih artikelnya gan.
    Semoga info ini bermanfaat juga, memang banyak orang yang ingin sukses udaha dagang nya tanpa dibarengi dengan kualitas produk & pelayanan yang dijualnya. Bagaimana bisa? Karena yang namanya cara dagang memang perlu adanya peningkatan kualitas barang dagangannya. Tak perlu melakukan hal yang repot seperti belajar bisnis atau kursus online, seperti wanita yang ingin belajar materi dalam hal kecantikan (tata rias) di tempat penghasil bahan-bahan maklon kosmetik aman tidak berbahaya. Umumnya orang dagang sudah punya banyak pengalaman sebagai usaha nyata (lahir) nya, tapi terkadang masih kurang mengerti ilmu pelarisan seperti dalam usaha batin nya. Maka dari itu silakan coba mengimbangi dengan sarana batin, seperti menggunakan sarana pelarisan. Banyak orang yang bilang sebaiknya memang usaha nyata (lahiriah) dengan usaha batiniahnya harus seimbang. Berbicara masalah pelarisan dagang, ada yang pernah menyarankan menggunakan sebuah JIMAT yang katanya AMPUH. Informasi selengkapnya
    saya peroleh dari DISINI>> JIMAT PELARISAN
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus